PortalKataID
Teknologi

Awas! Hati hati dengan Smartphone kamu, 5 Hal Berbahaya ini Bisa dilakukan Hacker

PortalKataID, TecknoLovers – Hacker ‘Blackhat’ atau hacker pelaku kejahatan siber dari ke hari makin sering menyerang perangkat mobile seiring dengan meledaknya jumlah pengguna smartphone di pasaran. Tujuan mereka satu, yakni mendapat uang sebanyak-banyaknya.

Nah, meski meretas smartphone bukan perkara gampang, namun sekali sistem keamanan smartphone ‘kebobolan’, maka hacker dapat melakukan hal-hal buruk pada perangkat. Bahkan, aksi peretasan smartphone ini bisa-bisa tidak hanya merugikan pengguna, tetapi orang lain yang dekat dengan mereka. Contohnya adalah 6 hal ini.

1. Penyadapan 24/7

Menggunakan alat penerima sinyal seluler palsu, hacker dapat menyadap dan mendengarkan percakapan telepon smartphone. Selain mereka bisa melakukannya 24 jam selama seminggu penuh, hacker juga dapat memasang aplikasi khusus di smartphone untuk menyadap telepon, SMS, sampai melihat galeri foto.

penyadapan

2. Minta tebusan

Nama ‘ransomware’ akhir-akhir ini mungkin sering terdengar di telinga. Ransomware adalah virus jenis baru yang bisa dipakai hacker untuk mengunci akses ke smartphone. Si hacker lantas meminta uang tebusan (biasanya dalam bentuk Bitcoin) agar si smartphone bisa digunakan lagi. Bahkan, mereka tak ragu untuk mengancam dengan cara mengunggah foto-foto pribadi Anda ke internet.

3. Memata-matai rumah

Tentu Anda tidak ingin keluarga ikut menjadi korban hacker. Namun, laporan terbaru menunjukkan bila hacker sengaja menyusupkan malware ke aplikasi yang biasa diunduh pengguna. Nah, malware itu bisa mengaktifkan kamera smartphone Anda! Jadi, hacker dapat mengambil foto lingkungan sekitar Anda, termasuk membuat peta 3 dimensi rumah.

memata matai rumah

4. Tahu semua yang Anda ketik

Smartphone memiliki sensor hebat pendeteksi gerakan seperti accelerometer dan gyroscope, sensor ini lah yang membuat Anda bisa bermain game secara landscape atau melihat video 360 derajat di YouTube. Celakanya, hacker dapat memanfaatkan dua sensor tadi untuk mendeteksi getaran jari di layar smartphone. Setelah itu mereka menggunakan program khusus untuk mencari tahu bagian layar atau papan ketik yang Anda sentuh. Dengan begitu mereka bisa merekam pesan dan password di smartphone.

keyloger

5. Retas smartphone orang lain dengan smartphone Anda

Tidak banyak yang tahu bila hacker dapat menggunakan sinyal radio sekitar untuk membajak asisten digital di smartphone, seperti Siri, Google Now, atau Cortana. Setelah berhasil mengambil alih, si hacker dapat menyuruh aplikasi tadi untuk mengirimkan email/pesan spam berisi virus ke pengguna lain. Atau mereka bisa memasang aplikasi palsu di toko aplikasi yang bila diunduh dapat mengirimkan pesan spam virus ke pengguna lain.

malware

Related posts

PayPal adalah korban terbaru dari Java deserialization bug dalam aplikasi Web

FX Michael Ivan BayuK

Mau Pakai Windows 10, Cek Dulu “Kekuatan” PC Anda

FX Michael Ivan BayuK

Aplikasi Pelindung Wanita dari Penjahat Ibu Kota?

Dosdoi Sinaga

Menteri Susi Perangi “Illegal Fishing” dengan Google Ocean

FX Michael Ivan BayuK

5 Cara Smartphone ‘Hancurkan’ Otak Anak

FX Michael Ivan BayuK

Pengguna Facebook Banyak Tak Sadar Kena “Hack”, Begini Cara Mengeceknya

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: