PortalKataID
  • Home
  • Nasional
  • Ketua Lembaga Gereja: Eksistensi Pancasila Harus Terus Dipertahankan
Nasional

Ketua Lembaga Gereja: Eksistensi Pancasila Harus Terus Dipertahankan

PortalKataID, Jakarta – Minimnya pemahaman generasi muda Indonesia akan nilai-nilai Pancasila dewasa ini secara tidak langsung berbanding lurus dengan meningkatnya penyebaran paham radikalisme di Tanah Air. Merespon fenomena ini pemerintah bergerak cepat melalui pelbagai cara untuk kembali menyosialisasikan Pancasila di tengah bangsa, salah satunya dengan membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), pada 7 Juni 2017 silam. Namun, setiap stake holder juga dituntut untuk turut aktif dalam mendukung setiap upaya pemerintah dalam rangka mempertahankan eksistensi ideologis bangsa, ini. Pandangan tersebut disampaikan oleh salah satu ketua dari lembaga gereja di Indonesia, Pendeta Dr. Japarlin Marbun.

“Berbagai penelitian menunjukan bahwa orang yang ingin tidak Pancasila itu kan makin banyak. Jadi dengan demikian menurut saya sih apa yang pemerintah lakukan itu bagus, dan kita mesti dukung,” ujar Japarlin usai acara silaturahmi dengan para pewarta di Graha Bethel, Jakarta pusat, Rabu siang (12/7/2017).

Japarlin menambahkan, lembaga keumatan seperti gereja juga perlu ambil peranan dalam membangun kesadaran kaum muda terhadap Pancasila, mengingat landasan ideologis inilah yang menjadi perekat bagi keberagaman bangsa Indonesia.

“Kita (GBI) tentu sebagai gereja juga melakukan upaya-upaya untuk katakanlah melakukan penyadaran mulai dari anak-anak sampai dengan jemaat kita, supaya betul-betul mereka menyadari. Karena buat kita sebagai masyarakat Indonesia, itulah (Pancasila) yang menjadi benteng kita, yang menciptakan rasa aman di tengah-tengah bangsa ini,” imbuh dari Ketua Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia (BPH-GBI), itu.

Japalrin kembali mengatakan, dalam upaya penyampaian pesan terkait nilai Pancasila sendiri harus dipersiapkan secara matang. Hal ini bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami secara utuh.

“Bayangkan bila ada upaya membuat dasar lain, ini kan ujung-ujungnya akan membuat kita mengalami kesulitan, karena itu harus kita dukung (langkah UKP-PIP). Kita harus membuat langkah-langkah, katakanlah sosialisasinya, sehingga itu bisa dipahami oleh semua kalangan di gereja kita,” tutupnya.

Related posts

KOMUNITAS VESPA BEKASI RAYA BAKTI SOSIAL DI MUARA GEMBONG

Ibnu Hasan

Pertamina Berharap Pertalite Jadi Tren Baru

FX Michael Ivan BayuK

Personel Bakamla RI Latihan Pengamanan Informasi dan Sandi

Ibnu Hasan

Pemilik Akun Facebook “Feri Yanto Pendekar BlueBird” Ditangkap

FX Michael Ivan BayuK

Bakamla RI Gelar Patroli Terkoordinasi Ke-25 dengan Malaysia

B. Hersunu. AW

Walah, Beredar Aplikasi Kencan Sesama Jenis Di Dunia Maya

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: