PortalKataID
  • Home
  • Nasional
  • Olly Dondokambey Ingin Sulut Jadi Contoh Kerukunan Bagi Dunia
Nasional

Olly Dondokambey Ingin Sulut Jadi Contoh Kerukunan Bagi Dunia

PortalkataID, Manado – Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) dikenal sangat memegang teguh falsafah luhur yang sarat akan nilai persaudaraan, yakni Sitou Timou Tumotou. Kalimat bermakna “Manusia Hidup untuk Memanusiakan Manusia Lainnya”, itu, telah sekian lama menjadi dasar bagi terciptanya kerukunan di tengah-tengah masyarakat Sulut yang plural. Berkaca dari nilai-nilai yang tercermin di dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan bahwa ia ingin agar praktik kerukunan dan perdamaian yang ada di wilayah yang dipimpinnya itu dapat menjadi contoh bagi dunia. Keinginan itu disampaikan Olly saat memberikan kata sambutan di “Pekan Kerukunan Nasional” sekaligus pembukaan Global Christian Youth Conference (GCYC), di Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu siang (23/4/2017).

“Oleh karena itu saya berharap kita semua dapat berpartisipasi aktif dalam rangka tetap menjaga dan merajut Sulawesi Utara dan Indonesia yang rukun dan damai dalam kebinekaan, sekaligus menjadi laboratorium percontohan kerukunan bagi dunia,” ujar Olly ketika menyampaikan laporan kegiatan Pekan Kerukunan Nasional kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang hadir di Manado untuk membuka kegiatan GCYC.

Olly juga menjelaskan bahwa terciptanya suasana yang pernuh kerukunan di Sulawesi Utara bukan lahir dari keterpaksaan, melainkan kesadaran penuh dari setiap masyarakat di “Bumi nyiur melambai” itu.

“Kehidupan masyarakat Sulawesi Utara hingga saat ini berjalan dengan rukun dan damai, suasananya kondusif, ini adalah buah dari keinginan seluruh masyarakat untuk selalu hidup berdampingan satu dengan yang lain di dalam kerukunan dan perdamaian.

Ia menambahkan, perlu adanya sebuah sinergi kuat dari segenap elemen masyarakat dan pemerintah guna menepis setiap upaya yang ingin menghancurkan kerukunan masyarakat.

“Tapi ini juga terpelihara dan tercapai berkat kerja nyata dan perhatian dan tulus dari segenap stake holder yang terkait, seperti TNI dan Polri, pemuka agama, tokoh masyarakat yang senantiasa proakif dalam merespon dan meredam isu-isu yang bepotensi mengganggu stabilitas keamanan dan kerukunan yang ada di daerah ini,” imbuh Olly.

Related posts

Meski Menolak, Warga Di Penjaringan Tetap Terkena Gusur

Ibnu Hasan

Tiga Korban Jatuhnya Pesawat TUCANO Dilarikan ke Rumah Sakit

FX Michael Ivan BayuK

PERNYATAAN SIKAP FRONT WONG CILIK

B. Hersunu. AW

Ketua DPRD Gresik Dinyatakan Positif oleh BNNK

FX Michael Ivan BayuK

KAPAL AMERIKA LATIHAN BERSAMA BAKAMLA RI

Ibnu Hasan

Indonesia Rugi Rp 1800 Triliun Per Tahun Sektor Kehutanan

Ibnu Hasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: