PortalKataID
  • Home
  • Nasional
  • Ahok Beri Jawaban ke Daeng Aziz: Kalijodo Tanah Negara!
Nasional

Ahok Beri Jawaban ke Daeng Aziz: Kalijodo Tanah Negara!

Jakarta – Tokoh Kalijodo, Daeng Aziz, protes ke Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) karena lahan di Kalijodo yang sudah dihuni hendak direlokasi. Namun Ahok menegaskan, ditempatinya lahan di Kalijodo sama dengan pendudukan lahan di Kampung Pulo yakni menduduki lahan negara.
Foto: Ari Saputra

“Itu sudah sama kasusnya seperti Kampung Pulo. Mereka jual beli lahan di atas tanah negara,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (15/2/2016).
Kalijodo menurut Ahok adalah jalur hijau. Maka permukiman di sana harus dikembalikan juga sebagai jalur hijau. Tak peduli mereka sudah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), mereka tetap perlu direlokasi.
“Karena kamu tinggal sekian tahun, kita kalau mau balikin PBB boleh, asalkan sekarang saya tagih anda sewa tempat. Anda bisnis loh. Anda mengakui di atas tanah negara kan? Kalau begitu anda harus bayar sewa dong. Ada hitungan dari Kementerian Keuangan,” tantang Ahok.
Season City, Taman Anggrek, dan Teluk Intan, menurut Aziz juga sama sebagai jalur hijau namun tak digusur oleh Ahok. Soal hal ini, Ahok menyatakan tempat-tempat tersebut bukanlah jalur hijau.
“Kalau kita membangun, enggak mungkin ada sertifikat membangun mal kalau itu di atas jalur hijau. Season City, Taman Anggrek. Kalau soal dulu sudah diubah, saya enggak tahu. Tapi sekarang sudah enggak ada (jalur hijau di sana),” kata Ahok.
Menurut Ahok, lahan mal-mal tersebut tak termasuk jalur hijau dalam Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Jakarta.
(Baca juga: Kalijodo Tanah Negara, Warga yang Direlokasi Tak Akan Dapat Ganti Rugi)
Hari ini Daeng Aziz memang mencari dukungan atas penolakan relokasi. Setelah bertemu perwakilan Komnas HAM, Daeng Aziz menyambangi DPRD DKI.
Tapi Daeng gagal bertemu Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (Lulung). Lewat sambungan telepon, Daeng hanya menitip pesan untuk Lulung.
“Kasih tahu Pak Haji, bilang ini (Kalijodo) harus dipayungi terus,” kata Aziz berbicara dengan seseorang di sambungan telepon saat berada di Gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakpus, Senin (15/2/2016).
Tak diketahui siapa orang yang menjawab panggilan Aziz. Setelah percakapan telepon singkat, Aziz rombongannya lantas ‘balik kanan’ alias pulang ke Kalijodo Jakarta Utara.
Editor: FX Michael I BK
SumberDanu Damarjati

Related posts

Tudingan Jokowi Perkeruh Suasana

B. Hersunu. AW

Aplikasi Qlue dicurigai Usik Bisnis `Haram` para Ketua RT/RW

FX Michael Ivan BayuK

Inikah Bukti-bukti Keterlibatan Eksekutif dalam Kasus UPS yang Dijanjikan Lulung?

FX Michael Ivan BayuK

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan MSTF Singapura

B. Hersunu. AW

HARI BURUH INTERNATIONAL “ MAYDAY 2017″

Ibnu Hasan

Keluarga Korban Jatuhnya HelIy 412, Mendapatkan Santunan

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: