PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • KAL Pulau Siantan Lanal Tarempa Bantu Evakuasi Kapal Kandas
Militer

KAL Pulau Siantan Lanal Tarempa Bantu Evakuasi Kapal Kandas

PORTALKATA.ID, Tarempa– KAL Pulau Siantan II-4-52 berhasil evakuasi korban kecelakaan laut yang menimpa KM. Sempurna Indah III kandas pada posisi  03° 02’ 391’’ U – 105° 57’ 582’’ T tepatnya disekitar Pulau Telaga Besa, beberapa hari yang lalu.

 

Dan KAL Pulau Siantan II-4-52 Kapten Laut (P) Adi Poetra Parlindungan Sitanggang menyampaikan bahwa pada Minggu 21 Oktober 2018 pukul 06.00 WIB, menerima informasi dari Posal Mengkait telah terjadi laka laut terhadap kapal KM. Sempurna Indah III dan kandas pada posisi  03° 02’ 391’’ U – 105° 57’ 582’’ T.

 

Selanjutnya KAL Pulau Siantan II-4-52 yang sedang melaksanakan Operasi Rakata Jaya-18 bergerak menuju lokasi kandasnya KM. Sempurna Indah III dan melaksanakan pertolongan dibantu nelayan dan penyelam setempat kemudian meminta keterangan dari Nahkoda KM. Sempurna Indah III, dan diperoleh data Nama Kapal KM. Sempurna Indah III, Nakoda Herman (40 Tahun), Alamat Tanjung Balai Karimun, Jumlah ABK 11 orang (termasuk nahkoda), Muatan Ikan tongkol dan Selayang ± 10 Ton.

 

Kronologis kejadian berawal pada Minggu 21 Oktober 2018 saat kapal bertolak tujuan Tanjung Balai Karimun, namun dalam perjalanan sekitar pukul 03.00 WIB kapal menabrak karang pada posisi 03 00 00 U – 105 58 00 T. Mengetahui kapal bermasalah kemudian Nahkoda membawa kapal mendekat menuju daratan dengan pertimbangan agar kapal tidak tenggelam dan dikandaskan di karang pada posisi 03 02 391 U – 105 57 582 T. Selanjutnya Nahkoda Kapal menghubungi petugas untuk meminta bantuan agar dapat menyelamatkan abk dan dokumen karena KM. Sempurna Indah III mengalami kebocoran dengan diameter sekitar 50 cm berbentuk bintang.

 

KAL Pulau Siantan berhasil memberikan pertolongan dan melaksanakan pemindahan muatan ikan dari KM. Sempurna Indah III  untuk diamankan ke desa terdekat, kemudian diapungkan oleh penyelam lokal dengan bantuan kompresor untuk kemudian ditarik ke Tanjung Balai Karimun.

Related posts

Keluarga Besar dari Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkat Koarmatim) melaksanakan kegiatan Khatam Al-Qur’an

B. Hersunu. AW

Posal Panipahan Jajaran Lantamal I Belawan Selamatkan Dua Nelayan Yang Nyaris Tenggelam

Ibnu Hasan

Lantamal I Belawan Tangkap Kapal Penyelundup Anggrek Dan Balpress Dari Thailand

B. Hersunu. AW

Prajurit TNI Konga XXIII-J Peringati Isra’ Mi’raj 1437 H di Lebanon Selatan

B. Hersunu. AW

KOMANDAN WING UDARA 1 PUSPENERBAL MEMIMPIN LANGSUNG LATIHAN DI LAUT JAWA

B. Hersunu. AW

Batalyon Zeni Tempur 2/SG Perangi Narkoba

Puspen TNI

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: