PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • Panglima TNI : Center of Gravity Indonesia adalah Solidaritas TNI dan Polri
Militer

Panglima TNI : Center of Gravity Indonesia adalah Solidaritas TNI dan Polri

PortalkataID, Jakarta- Perwira Remaja TNI dan Polri yang berjumlah 729 orang telah dilantik di Istana Merdeka oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Hal ini menunjukkan bahwa Center of Gravity Indonesia adalah solidaritas TNI dan Polri. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dihadapan awak media usai pelantikan Perwira Remaja TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2017).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa Istana Merdeka dan Kepala Negara adalah simbol negara yang harus dijaga dan dihormati. “Dengan pelantikan ini, para Perwira Remaja TNI dan Polri harus sadar bahwa mereka dilantik di Istana Merdeka oleh Kepala Negara. Mereka harus bertanggung jawab untuk menjaga negara ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa pelantikan Perwira Remaja TNI dan Polri kembali dilaksanakan di Istana Merdeka, setelah 14 tahun secara bergiliran di Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol). “Disamping itu, baru pertama kali dilaksanakan foto bersama Perwira Remaja TNI dan Polri dengan Presiden RI di depan Istana Merdeka,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengingatkan bahwa tugas para Perwira Remaja baik TNI maupun Polri pada masa yang akan datang tentunya jauh lebih berat. “Kalau saat sekarang saja perubahan tantangan pertahanan dan keamanan bergerak begitu cepat dan kompleks, apalagi dimasa yang akan datang,” katanya.

Menyikapi perubahan tantangan tersebut, Panglima TNI menuturkan bahwa semua aspek kehidupan global seperti landscape politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan termasuk teknologi, mengalami perubahan begitu cepat. “Bagi para Perwira Remaja TNI dan Polri tidak ada kata lain, harus selalu belajar, belajar dan belajar dari kehidupan, sehingga mereka tidak ketinggalan mengikuti perkembangan dan perubahan yang begitu cepat,” jelasnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan kembali bahwa, Prajurit TNI dan Polri berasal dari rakyat dan bagian dari rakyat. “Mereka harus bersama-sama rakyat, dekat dengan rakyat dan melindungi rakyat. Ini yang paling penting,” tandasnya.

Adapun 729 Perwira Remaja TNI dan Polri yang dilantik, terdiri dari Akademi Militer 225 orang (208 Taruna, 16 Taruni dan 1 Taruna National Defence Academy), Akademi Angkatan Laut 94 orang (84 Taruna dan 10 Taruni), Akademi Angkatan Udara 118 orang (105 Taruna, 12 Taruni dan 1 Taruna National Defence Academy) dan Akademi Kepolisian 292 orang ( 243 Taruna dan 49 Taruni)

Related posts

TNI AL GAGALKAN PEROMPAKAN TERHADAP KM HAI SOON

B. Hersunu. AW

TNI dan Kemendag RI Tandatangani Nota Kesepahaman Pengamanan Dibidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen

B. Hersunu. AW

Pasukan Garuda Laksanakan Pengecekan Material Jihandak di Afrika

B. Hersunu. AW

SINERGITAS TNI-POLRI SE-SULUT BERIKAN RASA DAMAI MASYARAKAT

B. Hersunu. AW

PANGKOLINLAMIL inspeksi galangan kapal di semarang

B. Hersunu. AW

KOMANDAN SESKOAL PIMPIN APEL KHUSUS USAI PELAKSANAAN IMSS 2017

Ibnu Hasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: