PortalKataID
Militer

Srikandi Dayung Dari Kolinlamil

Portalkata.ID, Jakarta – Keberadaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tak hanya memiliki peranan sebagai unsur pendukung pergerakan pasukan TNI di wilayah Indonesia. Di sisi lain, sejak tahun 1990 badan yang berada di bawah komando Presiden Republik Indonesia ini juga menjadi rumah bagi para atlet Indonesia yang berprestasi di cabang olah raga dayung. Satu di antaranya adalah Sersan Satu (Sertu) Tata Usaha (TTU) Suci Rahmayanti, ia merupakan anggota dari Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal). Disela kesibukannya sebagai staff Tata Usaha Kolinlamil, Suci meluangkan waktu untuk berbincang dengan Portalkata seputar kecintaan, prestasi, dan harapannya terhadap olah raga dayung di Indonesia.

Srikandi dari Kolinlamil itu mengawali kisah dengan bercerita terkait minatnya di dunia olah raga maritim, kecintaannya itu tumbuh sejak masih remaja. Meski dayung kurang populer di kalangan anak muda, nyatanya keputusan Suci itulah yang menjadi “gerbang” pembuka bagi segudang prestasi yang ditorehkannya, saat ini.

“Sejak umur 14 tahun, saya sudah menggeluti olah raga dayung. Kebetulan memang saat itu peluangnya, adanya di olah raga dayung ya. Dayung itu pertama kali saya masuk ketika awal pembibitan di daerah Jakarta, terutama untuk daerah-daerah pesisir. Jadi dari sekolah-sekolah itu direkrut, diseleksi, kemudian diambil,” tutur Suci kepada Portalkata di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu siang (6/7/2017).

Bersama dengan delapan orang lainnya, wanita kelahiran Jakarta, 15 April, 28 tahun silam, ini, turut serta dalam program pembibitan yang diselenggarakan oleh PODSI (Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia) DKI Jakarta. Suci muda mendaftarkan diri ke Korps Wanita TNI Angkatan Laut, setamat dari bangku sekolah menengah atas.

“Dulu tuh ketika melihat Kowal kayaknya gagah dan bagus. Saat itu yang pasti saya ingin membanggakan orang tua saya, orang-orang terdekat saya,” imbuh Suci sembari mengenang.

Sepuluh bulan lamanya Suci menjalani pendidikan di Pusdik (Pusat Pendidikan) Kowal, Surabaya. Usai lulus, Suci kemudian mendapatkan penugasan di Markas Kolinlamil. Di tempat baru inilah potensi yang dimilikinya terus digali. Bersama sejumlah prajurit TNI-AL lainnya Suci mengukir prestasi yang mengharumkan nama Kolinlamil, TNI-AL dan Indonesia, melalui olah raga dayung.

“Karena Kolinlamil ini kan dari dulu yang terkenal di dayungnya. Jadi mungkin dari mulai pendidikan saya sudah mulai direkrut, akhirnya langsung masuk ke Kolinlamil,” katanya lebih lanjut.

Tempaan keras dan jerih payah yang selama ini dilakoni Suci berbuah manis. Pada 21 Mei 2017 lalu ia beserta tim Kolinlamil berhasil mempersembahkan 2 emas dan 1 perak pada perhelatan International Dragon Boat Festival di Badung, Bali. Yang tak kalah membanggakan adalah saat dirinya kembali berperan dalam memperoleh 3 medali perak dan 1 medali perunggu saat berlaga SEA Games ke-26, yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada tahun 2011 silam.

“Waktu itu (di SEA Games) kita meraih medali di kelas dragon boat untuk jarak seribu, lima ratus, dua ratus lima puluh meter, sama di kelas campuran,” kata Suci yang nampak gagah mengenakan seragam dinas upacara bewarna putih, khas TNI-AL.

Ketika menyinggung sepinya minat kaum muda terhadap olah raga dayung di Indonesia, ibu dari seorang putra ini tak menampik bahwa tingkat kesulitan yang tinggi dalam menggunakan peralatan dayung ikut menjadi faktor dari kurang populernya cabang olah raga air tersebut. Namun sebagai solusi, Suci menambahkan, sosialisasi dari olah raga yang menuntut stamina prima dan konsentrasi tinggi ini harus terus dilakukan.

“Makanya saat ini sosialisasinya kita menggunakan dragon boat. Kita buat kejuaraan antar sekolah, antar daerah,” ucap Suci dengan nada optimis.

Sebagai seorang prajurit TNI-AL, Suci juga menyimpan harapan agar di kemudian hari dayung bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati rakyat Indonesia.

“Ke depannya saya harap olah raga dayung bisa lebih merakyat mengingat Negara kita adalah Negara maritim,” tutup Sertu. Suci Rahmayanti.

Related posts

JABATAN KOMANDAN KRI TELUK HADING 538 DISERAHTERIMAKAN

B. Hersunu. AW

KELUARGA BESAR BARET HITAM KORPS HIU KENCANA PERINGATI HUT KE-59

B. Hersunu. AW

Tabur Bunga Peringati Hut Dharma Pertiwi Tahun 2016

B. Hersunu. AW

Panglima Kogasgabpad Himbau Warga Kembali ke Sulawesi Tengah

B. Hersunu. AW

DANLANTAMAL IX TERIMA KUNJUNGAN TIM WASRIK ITJEN TNI DI MAKO LANTAMAL IX

B. Hersunu. AW

TIM VBSS KRI BUNG TOMO-357 PERIKSA KAPAL BRASIL

Ibnu Hasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: