PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • Jajaran KOREM 052 Kerahkan Personel Guna Mendukung Program Normalisasi Kali di Tangerang
Militer

Jajaran KOREM 052 Kerahkan Personel Guna Mendukung Program Normalisasi Kali di Tangerang

PortalKATA.ID, Tangerang – Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang berada dilingkungannya, sejumlah personel TNI-AD yang berasal dari jajaran Komando Resort Militer 052/Wijayakrama (Korem 052/WKR), diterjunkan demi mendukung program normalisasi dua aliran kali yang berada di wilayah Tangerang. Pelaksanaan program tersebut dibuka langsung oleh Danrem 052/WKR, Kol. Inf. Iwan Setiawan dalam Apel Karya Bakti, bertempat di Kampung Pulo Ceger, Desa Rajeg Mulya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/7).

“Semua yang dilakukan oleh TNI hanya untuk membantu masyarakat agar terhindar dari banjir yang selalu terjadi setiap musim hujan,” tutur Danrem.

Danrem juga mengatakan dukungan tehadap program normalisasi kali merupakan sebuah upaya dalam mewujudkan Sumpah Prajurit, yakni mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di sekeliling. Ia menambahkan bahwa pelaksanaan program tersebut juga merupakan bentuk sinergi antara aparat Pemerintah Daerah Tangerang dengan TNI.

“Kita TNI punya program, Pemda juga punya program, disinergikan sehingga terwujudnya Karya Bakti ini. Kita Kodam Jaya, pimpinan Bapak Pangdam Jaya, sudah punya pengalaman bagaimana menormalisasikan sungai Ciliwung yang berhasil, sekarang kita tularkan disini,” ujar Perwira Menengah yang berasal dari Komando Pasukan Khusus ini.

Kegiatan Karya Bakti normalisasi kali tersebut dilakukan di dua aliran kali yang melintasi Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Rajeg. Enam unit alat berat (Backhoe) dan pemotong kayu dikerahkan untuk mengangkat lumpur serta tanah yang menyebabkan pendangkalan kali dan terjadinya banjir, terutama saat musim penghujan tiba.

Program Normalisasi kali dilakukan sepanjang 3 Km, terutama di wilayah aliran Kali Cirarap. Aliran kali ini pula yang sering mengakibatkan banjir di Perum Nuansa Mekarsari Rajeg, karena merupakan pertemuan dua aliran air yang datang dari wilayah Pasar Kemis dan Kotabumi. Saat hujan turun, kondisi kali yang dangkal tidak mampu menampung volume air yang membeludak.

Apel Karya Bakti Korem 052/WKR dalam rangka normalisasi kali tersebut turut dihadiri oleh Waaster KASAD Brigjen TNI Budi Sulistijono, Dirjen Kementerian Pertanian Gatot Iryanto, Kapolresta Tangerang, serta perwakilan Bupati Tangerang

Related posts

HARI KEMERDEKAAN RI KE-71 PANGARMATIM PIMPIN UPACARA

B. Hersunu. AW

Menhan RI kunjungi Prajurit TNI Konga XXIII-J/Unifil di Lebanon

B. Hersunu. AW

TNI Harumkan Nama Bangsa di Bumi Afrika

B. Hersunu. AW

Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat TNI

B. Hersunu. AW

TNI Berangkatkan 175 Personel Satgas Kompi Zeni ke Kongo

FX Michael Ivan BayuK

Memorandum Sertijab Pangarmabar

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: