PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • Koarmabar Berangkatkan 3 Unit KRI Untuk Mendukung Pam WIEF 2016
Militer

Koarmabar Berangkatkan 3 Unit KRI Untuk Mendukung Pam WIEF 2016

PortalKATAID, Jakarta – Demi mendukung pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi World Islamic Economic Forum (KTT WIEF) ke-12 yang akan dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2016 mendatang, jajaran TNI-AL Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) pada pagi hari ini melaksanakan pemberangkatan terhadap unsur keamanan laut. Apel pemberangkatan dilaksanakan di Dermaga 2 Jakarta International Container Terminal, Jumat pagi (29/7).

Kepala Staf Koarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono SE, yang mewakili Panglima Koarmabar Lamsana Muda TNI Siwi Suka Adji SE., MM, bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Apel pemberangkatan Unsur Keamanan Laut tersebut.

“Koarmabar selaku Kotama Operasi TNI telah mendapatkan kepercayaan dan tugas mulia dari pemimpin TNI untuk turut ambil bagian dalam pengamanan event Internasional ini. Oleh karena itu Satgas Koarmabar sesuai dengan area operasi yang telah ditentukan harus mampu menciptakan kondisi keamanan yang kondusif. Area operasi harus aman dari ancaman dan gangguan, khususnya dari sektor laut,” tegas Laksma TNI Yudo Margono SE, saat membacakan amanat dari Panglima Koarmabar.

Saat apel usai Kepala Staf Koarmabar didampingi Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmabar yang ditunjuk sebagai Dansatgasla Pam WIEF 2016, Laksma TNI T.S.N.B Hutabarat, melakukan inspeksi ke atas KRI Karel Satsuit Tubun yang tengah berada dalam Peran Tempur. Kedua pelaksana tugas tersebut juga melakukan pemeriksaan terhadap satu unit Heli Bell dari Skuadron 400 TNI-AL yang akan mendukung operasi pengamanan.

“Walaupun mereka (Unsur Pam WIEF Koarmabar) baru selesai melaksanakan upacara, langsung kita coba peran tempurnya. Jadi kita berasumsi kalau ada kejadian mendadak maka mereka harus siap dan menuju pos tempurnya masing-masing,” ujar Laksamana TNI T.N.S.B. Hutabarat saat ditemui awak media. Dansatgasla juga menyampaikan bahwa unsur keamanan laut yang akan mendukung kegiatan WIEF 2016 akan disiagakan di laut Jawa demi mengantisipasi segala ancaman yang berasal dari laut, maupun di pelabuhan.

Unsur Keamanan Laut yang diberangkatkan oleh Koarmabar dalam mendukung operasi Pam VVIP WIEF 2016 adalah 3 unit KRI, yakni KRI Cut Nyak Dien (375), KRI Karel Satsuit Tubun (356), dan KRI Imam Bonjol (383). Selain KRI, TNI-AL juga mengerahkan dua unit Helikopter Bell, serta sejumlah Satuan di bawah Koarmabar seperti Komando Pasukan Katak, Korps Penerbang TNI-AL, Prajurit Yonmarlan III, dan unsur dari Lantamal III Jakarta.

Related posts

Wakil Kepala Staf Armada Laut Timur China Kunjungan Ke Mako Marinir

FX Michael Ivan BayuK

Zeng Wei Jian: TNI Mampu Menjaga Harmonisasi Keragaman Bangsa

B. Hersunu. AW

KASAL Kunjungi FV. VIKING di dermaga JICT TANJUNG PRIOK

B. Hersunu. AW

KRI TANJUNG KAMBANI 971 DUKUNG OPERASI PAMTAS RI – PAPUA NUGINI

B. Hersunu. AW

Koarmabar Selenggarakan MTQ Kowal Tingkat Kotama TNI AL Wilayah Jakarta

Rico Montilla

LANTAMAL IX IKUT SERTA DALAM KONGRES KEDOKTERAN MILITER INTERNASIONAL (ICMM)

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: