PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • PRAJURIT DENMAKO PASMAR-1 PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA
Militer

PRAJURIT DENMAKO PASMAR-1 PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

PortalKataID, Sidoarjo,- prajurit Detasemen Markas Komando (Denmako) Pasmar-1, memperingati hari lahir Pancasila di lapangan Apel Mako Pasmar-1, Kesatrian Marinir Moekijat, Gedangan, Sidoarjo. Rabu (01/06/2016).

Pada peringatan hari lahir Pancasila tersebut sebagai inspektur upacara adalah Komandan Detasemen Markas Pasmar-1 Letkol Marinir Idi Rizaldi, yang juga dihadiri oleh para pejabat teras Denmako Pasmar-1.

Dalam memperingati hari lahir Pancasila tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 oleh Serka Marinir Saerudin.

Pada amanat Panglima TNI, yang dibacakan inspektur upacara menyampaikan sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, saya mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan kasih sayangnya yang begitu besar terhadap bangsa Indonesia dimana pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari kelahiran Pancasila.

Kita semua memahami bahwa Pancasila menjadi ideologi, dasar Negara juga falsafah hidup bagi bangsa Indonesia. Hari ini kita melaksanakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2016 sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati kita terhadap eksistensi Pancasila.

Pancasila yang kita pahami saat ini sebelum lahir telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945, dimana tiga tokoh nasional yaitu Muhamad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Sukarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar Negara apabila bangsa Indonesia telah merdeka lepas dari penjajahan.

Gagasan Bung Karno tentang Dasar Negara yang disampaikan di depan siding Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 (oleh Ir. Sukarno diberi nama Pancasila) menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi Negara sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila.

Related posts

Prajurit TNI-Polri Harus Bermental Tangguh Siap Melaksanakan Tugas

B. Hersunu. AW

SATGAS PELANTARA VII SAIL SABANG 2017 SINGGAH DI BELAWAN

B. Hersunu. AW

Panglima TNI Prajurit Harus Selalu Siaga Dalam Menjaga NKRI

B. Hersunu. AW

Lanal Ranai Sosialisasikan Kemitraan TNI Kepada Pelajar dan Masyarakat Natuna

B. Hersunu. AW

Latihan Parsial PPRC TNI Tingkatkan Percaya Diri

B. Hersunu. AW

Pertemuan Trilateral antara Indonesia, Malaysia dan Filipina

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: