PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • SERIAL BOARDING MARITIME SECURITY KRI SIM-367 Laut China Selatan
Militer

SERIAL BOARDING MARITIME SECURITY KRI SIM-367 Laut China Selatan

PortalKataID,Laut China Selatan-Serial MS VBSS (Maritime Security Visit Board Search and Seizure) merupakan salah satu tema pokok dalam Latihan Bersama ADMM-Plus on MS and CT Exercise 2016. Dalam pembahasan tingkat Table Top Discussion (TTX), seluruh peserta Latma telah setuju bahwa kemampuan untuk menyelenggarakan Boarding terhadap kapal-kapal yang dicurigai di area operasi merupakan salah satu komponen penting dalam upaya menjamin maritime security yang diharapkan. Boarding disini adalah suatu prosedur dimana tim pemeriksa kapal melaksanakan pemeriksaan secara fisik terhadap kapal-kapal yang dicurigai dimulai dari tahap communication challenge, boarding kapal, pemeriksanaan personel, dokumen maupun muatan kapal. Area latihan dalam serial ini adalah laut china selatan. Konsep latihan yang dikembangkan adalah diantara kapal peserta latihan saling melaksanakan compliant boarding satu sama lain, yang berarti bahwa kapal yang diperiksa mau melaksanakan instruksi dari kapal pemeriksa.
KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) yang berada di task grup 383.1.2, dialokasikan menjadi pairing ASW Destroyer Admiral Vinogradof (VIN-572) dalam melaksanakan serial MS VBSS. Latihan dilaksanakan dengan mengirimkan tim Boarding KRI SIM-367 ke VIN, dan pada saat bersamaan KRI SIM-367 menerima tim Boarding VIN-572. Admiral Vinogradov adalah fregate anti kapal selam rusia dari kelas Udalay, kapal ini mempunyai dimensi p x l x t = 163 x 20 x 8 m dan membawa 300 personel. termasuk 1 Helly jenis KA-27 Helix.
Dalam latihan ini, Komandan KRI SIM-367 Letkol Laut (P) Azhari Alamsyah menyiapkan 1 tim penyerang dari pasukan khusus TNI Angkatan Laut Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), 1 tim pendukung dari tim VBSS KRI SIM-367 dilengkapi dengan 1 orang Sniper Denjaka dan menurunkan 2 unit RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) sebagai sarana untuk menuju kapal target. Sesampainya di kapal target (VIN-572), tim penyerang dengan gerakan taktis menaiki tangga kapal dan mengumpulkan ABK yang berada di atas kapal untuk melaksanakan body checking. Sedangkan tim pendukung tetap berada di RHIB dengan jarak aman. Setelah dinilai aman, Komandan tim penyerang memperkenalkan diri kemudian melakukan pemeriksaan dokumen di anjungan.
Hal yang sama juga dilakukan tim VBSS dari VIN-572, tim penyerang yang berjumlah 5 orang pasukan khusus rusia ini setelah berhasil menaiki KRI SIM-367 segera mengumpulkan ABK kapal yang dimainkan oleh 10 prajurit KRI SIM-367. Usai dilakukan pemeriksaan dan mengumpulkan ABK di geladak terbuka, setelah memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuannya, komandan tim penyerang VIN-572 dan tim pemeriksa menuju anjungan untuk memeriksa dokumen kapal. Dalam latihan VBSS kali ini VIN-572 menerbangkan 1 unit Helly sebagai tim pendukung yang dilengkapi dengan 1 orang sniper.
Melalui serial MS VBSS ini, KRI SIM-367 dan VIN-572 memperoleh kesempatan untuk mengenal prosedur boarding yang dijalankan. Kesempatan ini juga menjadi sarana pembelajaran berharga bagi prajurit Angkatan Laut dari kedua Negara serta sekaligus sebagai sarana dalam rangka membina hubungan baik dan kerja sama secara profesional di laut.

Related posts

Dansatkopaska Koarmabar Laksanakan Kunjungan Silahturahmi Ke Menteri KKP

B. Hersunu. AW

Panglima TNI: Terima Kunjungan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Untuk Swedia

Rico Montilla

Komandan Lanal Tegal Pimpin Upacara Memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2018

Ibnu Hasan

DISLAMBAIR KOARMATIM JALIN KEBERSAMAAN

B. Hersunu. AW

KINI, KAPAL PERANG Jadi Tujuan Wisata Edukasi

B. Hersunu. AW

KUNJUNGI STTAL, WANTIMPRES TINJAU 10 PRODUK UNGGULAN MAHASISWA

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: