PortalKataID
  • Home
  • Militer
  • Pangarmatim latihan SAR di laut “Pawana 16”
Militer

Pangarmatim latihan SAR di laut “Pawana 16”

PortalKataID, Surabaya – Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) akan menyelenggarakan latihan kesiapsiagaan Search and Resque (SAR) di Perairan Timur Indonesia dengan melibatkan seluruh komponen maritim yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan standar internasional. Kegiatan tersebut dibahas dalam Laporan Peninjauan Medan dan Koordinasi Kesiapsiagaan Uji Operasi SAR Koarmatim yang dipimpin Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI (Mar) I Wayan Mendra di Gedung Candrasa Koarmatim Ujung Surabaya, Rabu (15/10/2014).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S. Sos, para Asisten Pangarmatim, Komandan Satuan Kapal dan para Kasatker lainnya. Latihan yang akan melibatkaan 704 personel itu, secara intensif pelaksanaannya akan dimulai tanggal 10 hingga 18 Nopember bulan mendatang. Adapun jumlah unsur yang terlibat antara lain, 5 kapal perang jajaran Koarmatim, 1 pesawat patroli maritim, 2 Helikopter, 1 Tim Dislambair, 1 Tim Satkopaska Koarmatim serta dari jajaran Dinas Kesehatan Koarmatim dan Lantamal V Surabaya.

Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI (Mar) I Wayan Mendra menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesiapsiagaan jajaran Koarmatim dalam melaksanakan SAR di laut. “Kesiapsiagaan ini spektakuler. Ini merupakan tindakan pre-emtif Koarmatim dan jajaran dalam melaksanakan operasi bantuan pencarian dan pertolongan di laut. Persiapan latihan operasional dan sesuai dengan realita dan dinamika di lapangan” katanya.

Sementara itu, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S.Sos mengemukakan akan dibuat skenario latihan yang lebih komplit. Setelah menerima distress membutuhkan waktu berhari-hari untuk melaksanakan pencarian, bagaimana mengatur dukungan logistiknya. Selain itu, skenario dibuat bukan hanya melaksanakan SAR terhadap personel, melaingkan juga latihan pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan serta dilaksanakan di daerah perbatasan dan berkoordinasi dengan negara tetangga.

Menanggapi hal tersebut, Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI (Mar) I Wayan Mendra mengatakan, bahwa skenario tersebut merupakan ide yang sangat brilliant dan operasional sesuai dengan realita di lapangan. Sedangkan Dirlat Kodiklat TNI Brigjen TNI Surawahadi dengan melibatkan unsur-unsur maritim sangat baik untuk membangun kebersamaan dalam melaksanakan SAR.

Tema dalam latihan ini yaitu, Koarmatim dan jajarannya melaksanakan operasi bantuan pencarian dan pertolongan (SAR) kepada Badan SAR Nasional (Basarnas) di Wilayah Perairan Yurisdiksi Nasional Bagian Timur Indonesia, untuk mencari dan menyelamatkan korban akibat bencana/kecelakaan di laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tujuan latihan itu sendiri, yaitu untuk menguji kesiapsiagaan Koarmatim dalam menghadapi tugas bantuan pencarian dan pertolongan (SAR) agar mampu digerakkan sewaktu-waktu untuk melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan korban akibat bencana/kecelakaan di laut secara berhasil dan berdaya guna dalam rangka terwujudnya kesiapsiagaan operasional Koarmatim yang tinggi.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini, untuk mengetahui tingkat kemampuan unsur-unsur Koarmatim dan jajarannya dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan di laut. Terlaksananya rencana operasi SAR 2014 secara optimal, teruji dan terevaluasi software yang ada. Terlaksananya komando dan kendali operasi yang baik dan benar serta terjalinnya koordinasi yang baik dengan instansi terkait. Disamping itu, untuk mengevaluasi manajemen sistem informasi pada organisasi SAR matra laut.

Related posts

YONMARHANLAN I BELAWAN BANTU KORBAN BANJIR BANDANG

Rico Montilla

Prajurit Koarmatim Harus Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

B. Hersunu. AW

IRARMATIM SAMPAIKAN PRAJURIT TNI ANTI NARKOBA

B. Hersunu. AW

KADISPENARMATIM: LEPAS DUA PRAJURIT YANG PURNA TUGAS

Ibnu Hasan

615 Perwira TNI Ikuti Apel Komandan Satuan TNI di Surabaya

FX Michael Ivan BayuK

Lanal Malang Gelar Apel Khusus Perdana 2018

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate »
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: