PortalKataID
  • Home
  • Berita Foto
  • Putra Mahkota Arab Saudi Tak Akan Biarkan Terjadinya Perang dengan Iran
Berita Foto

Putra Mahkota Arab Saudi Tak Akan Biarkan Terjadinya Perang dengan Iran

Riyadh – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman tidak akan membiarkan terjadinya perang antara Saudi dengan Iran. Salman yang juga menjabat Menteri Pertahanan ini, menyebut perang kedua negara itu akan menjadi awal malapetaka.


“Perang antara Arab Saudi dan Iran akan menjadi awal malapetaka besar di kawasan, dan akan berdampak besar bagi dunia. Tentu, kami tidak akan membiarkan hal itu terjadi,” tegas Mohammed bin Salman kepada surat kabar The Economist dan dilansir Reuters, Jumat (8/1/2016). 
Salman memastikan kepada dunia bahwa krisis Saudi dan Iran akan berhenti dengan sendirinya, dan tidak meluas menjadi perang antara dua kekuatan utama di kawasan Teluk Arab.

“Ini merupakan hal yang tidak bisa kami prediksi sama sekali, dan siapapun yang mendorong ke arah itu adalah orang-orang yang tidak waras,” sebutnya.

Lebih lanjut, Salman mengungkapkan kekhawatiran otoritas Saudi atas peran Amerika Serikat yang berkurang di kawasan Timur Tengah. “Amerika Serikat harus menyadari bahwa mereka nomor satu di dunia dan mereka harus bertindak seperti itu,” cetusnya.

Hubungan diplomatik Saudi dan Iran terputus setelah kedutaan dan konsulat Saudi diserang para demonstran yang marah atas eksekusi mati ulama Syiah Nimr Baqr al-Nimr pada 2 Januari. Faktanya semenjak itu, otoritas Saudi tidak melakukan langkah signifikan untuk meredakan ketegangan.

Otoritas Saudi sebelumnya hanya menyatakan, hubungan dengan Iran akan bisa dipulihkan jika negara Syiah itu berhenti mencampuri urusan dalam negeri negara-negara lain, terutama Saudi.

Di sisi lain, banyak warga Saudi yang meyakini pemerintah mereka tidak berniat memicu ketegangan baru dengan Iran, dengan mengeksekusi mati ulama Nimr. Mereka merujuk pada sejumlah langkah yang dilakukan otoritas Saudi dalam beberapa bulan terakhir demi mencairkan ketegangan dengan Iran. Salah satunya, bekerja keras untuk mengupayakan agar duta besar baru bisa disetujui pemerintah Iran, setelah beberapa bulan kosong.

Editor: Harianto W.
SumberNovi Christiastuti

Related posts

Agun: Perusak Golkar Itu Ical, Idrus Marham dan Nurdin Halid !

harianto

13 Oktober, Hari Tanpa Bra Sedunia

Marvin S

Prajurit TNI Bantu Kegiatan Belajar Mengajar di Desa Ganti Kab Donggala

B. Hersunu. AW

The Martian Sukses Merajai Box Office Amerika

harianto

Iphone 6C batal diluncurkan tahun ini

Marvin S

Gelar Aksi di Depan Rumah Gubernur DKI, Ini Misi Gerakan #LawanAhok

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: