PortalKataID
  • Home
  • Berita Foto
  • Serunya, Santri Bela Negara Sambil Berlayar dengan KRI Banda Aceh
Berita Foto

Serunya, Santri Bela Negara Sambil Berlayar dengan KRI Banda Aceh

Foto: Edo/detikcom
 
Jakarta – Program pelatihan bela negara tidak melulu digelar di daratan. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil berlayar di atas KRI Banda Aceh, seperti yang diikuti ribuan santri dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

Para santri akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Surabaya. Kegiatan bertema ‘Pelayaran Santri Bela Negara’ ini berlangsung selama 3 hari. Selain para santri seluruh Indonesia, kegiatan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, tokoh pemuda, dan Komunitas Islam Indonesia.

Santri berlayar selama 3 hari (Foto: Edward)
Sebelum berlayar, para santri mengikuti apel di Lapangan Markas Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer). Pelepasan ribuan santri itu dihadiri oleh Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan Panglima Kolinlamil Laksamana Muda Aan Kuniawan.

“Sebagai Warga Negara Indonesia, kita wajib memelihara keutuhan wilayah negara sebagai modal utama untuk mencapai tujuan nasional,” ujar Kuniawan membacakan sambutan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Ia mengatakan selama pelayaran peserta harus bekerja sama dengan baik sehingga setelah kegiatan ini berakhir akan mendapatkan pengetahuan tentang NKRI. “Selesai kegiatan pengetahuan dan pengalaman yang dimanifestasikan untuk terwujudnya kader bela negara yang cinta NKRI, patriotisme dan memiliki wawasan maritim yang mendalam sehingga dapat mewujudkan hubungan manunggal santri, pelajar, mahasiswa dan komunitas islam nusantara dalam mempertahankan kedaulatan negara,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PBNU Said Aqil Siradj mengatakan santri hukumnya membela negara. Bahkan, kata dia, mati dalam rangka membela tanah air sama dengan mati syahid. “Bahkan barang siapa yang bekerja sama dengan penjajah boleh dibunuh. Mereka tetap muslim tapi tidak kafir itulah fatwa revolusi yang dikeluarkan zaman dahulu,” ujar Aqil.

Program ini diikuti ribuan santri se-Indonesia (Foto: Edward)
 Ia mengatakan kegiatan ini adalah program pertama pasca diresmikan hari santri nasional. Setiap tahunnya akan dibuat kegiatan seperti ini. “Setiap tahun untuk memperingati santri nasional akan diadakan pelayaran seperti, diakhir kegiatan akan kita evaluasi sehingga ke depan bisa lebih baik,” kata Said.

Syarif, salah seorang santri mengaku bersemangat mengikuti program ini. “Ini pengalaman pertama ikut bela negara naik kapal perang. Senang rasanya apalagi dapat ilmu dan teman-teman baru,” kata Syarif yang terbalut seragam olah raga warna hijau dan celana panjang warna hitam lengkap dengan peci ini.

Editor: FX Michael I BK
SumberEdward Febriyatri Kusuma

Related posts

Iphone 6C batal diluncurkan tahun ini

Marvin S

Asap Masih Terlihat dari Gedung Sarinah, Penghuni Gedung Sudah Dievakuasi

FX Michael Ivan BayuK

Siasat Driver Go-Jek Saat Diintimidasi Ojek Pangkalan yang Tak Ramah

Marvin S

Pameran Alutsista PPRC TNI

FX Michael Ivan BayuK

Prihatin Perusakan Bus, Kata Ridwan Kamil Ini yang Riweuh Anak Alay

FX Michael Ivan BayuK

Wisata paling favorit di TMII

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: