PortalKataID
  • Home
  • Berita Foto
  • Kesaksian Nenek 74 Tahun Asal Cimahi Lolos dari Musibah Mina
Berita Foto

Kesaksian Nenek 74 Tahun Asal Cimahi Lolos dari Musibah Mina

Ribuan tenda untuk menampung umat Islam yang tengah melangsungkan ibadah haji di Mina, di luar kota Mekah, Saudi Arabia, 19 September 2015. Sekitar 3 juta umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Mekah untuk melangsungkan ibadah Haji

MINA, KOMPAS.com – Inne Badriani Erawati, seorang nenek berusia 74 tahun asal Cimahi, Jawa Barat, mengaku beruntung bisa melewati kepadatan jemaah yang melempar jumrah di mina. Ia melihat sejumlah orang jatuh kecapaian dan pingsan karena berdesakan.
“Susah payah pulang ke tenda. Di jalan ada saja orang yang jatuh kecapaian, atau pingsan. Mungkin terjepit juga, tapi belum terjadi kecelakaan itu,” kata Erawati seperti dilaporkan BBC Indonesia, Kamis (24/9/2015).
Bersama rombongannya, Erawati berangkat melempar jumrah sejak subuh. Suasananya belum padat oleh orang.
“Sesudah melempar jumrah, ya tunailah rukun haji. Bersama sesama jemaah serombongan, sekitar jam sembilan pagi itu, kami memutuskan pulang saja ke tenda karena sudah sangat padat, berdesakan,” tutur dia.
“Sempat saya lihat, ada orang Indonesia dirawat dokter di pinggir jalan, juga seorang Arab,” kata dia lagi.
Musibah terinjak-injaknya jemaah haji di Mina dilaporkan terjadi sekitar pukul 07.30 waktu Arab Saudi. Saat itu ada rombongan yang tiba-tiba berhenti di jalan. Mereka didesak rombongan lain dari belakang. Baca: Kronologi Insiden di Mina Menurut Dirjen Haji Kemenag.
Akibat berdesakan, lautan jemaah haji terjatuh dan terinjak-injak. Lebih dari 700 orang dilaporkan tewas, termasuk tiga orang jemah haji asal Indonesia. Baca: 3 WNI Tewas dalam Musibah di Mina.
Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi sudah mengeluarkan larangan kepada jemah asal Indonesia untuk tidak melontar jumrah aqabah pada pukul 08.00 hingga 10.00 waktu setempat pada 10 Dzulhijjah waktu Arab Saudi atau Kamis (24/9/2015) waktu Indonesia. 
Sudah diperkirakan, di rentang waktu tersebut adalah saat paling padat oleh jemaah haji dari berbagai negara melempar jumrah.
Erawati belum tahu yang akan dilakukan selanjutnya karena belum mendapat instruksi atau pemberitahuan apapun dari pimpinan rombongan.
“Ya, kami menunggu saja dulu, di sini,” ujar Erawati.

Editor: FX Michael I BK
SumberHeru Margianto

Related posts

Perwira Mako Kormar Dan Pasmar-2 Latihan Pendaratan Khusus Di Pulau Damar

FX Michael Ivan BayuK

Warga Korban Lumpur Lapindo Terima Sisa Ganti Rugi

FX Michael Ivan BayuK

Polisi Berpakaian Preman Siap Tembak di Tempat Geng Motor

FX Michael Ivan BayuK

Di Alor, Ada Pulau yang Dihuni 3.000 Rusa!

FX Michael Ivan BayuK

Disoal FPI, Begini Makna Sampurasun Menurut Bupati Purwakarta

FX Michael Ivan BayuK

Pameran Alutsista PPRC TNI

FX Michael Ivan BayuK

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: