PortalKataID
  • Home
  • Berita Foto
  • Menhub : Kenapa Maskapai Kekurangan Modal Triliunan Bisa Beroperasi?
Berita Foto

Menhub : Kenapa Maskapai Kekurangan Modal Triliunan Bisa Beroperasi?

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengaku tak habis pikir melihat 12 maskapai penerbangan dengan permodalan negatif masih beroperasi. Pasalnya, jumlah kekurangan modal pada maskapai itu tak main-main, mencapai triliunan rupiah.
“Itu kenapa maskapai kekurangan uang (modal) triliunan rupiah tetapi masih bisa beroperasi? Saya tidak habis pikir,” ujar Jonan saat menggelar konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Rabu (5/8/2015).
Menurut mantan bos PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu, permodalan yang sehat bagi suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya permodalan yang sehat, biaya operasional pun bisa ditutup sehingga segala aspek terkait keselamatan bisa dipenuhi.
“Maskapai yang modalnya ekuitasnya negatif itu bahaya sekali. Pengelolaan keuangannya bagaimana? Apalagi yang ekuitasnya besar sekali… ,” kata dia.
Bahkan, Jonan mengatakan bahwa Kemenhub akan melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pesawat-pesawat milik maskapai yang ekuitasnya negatif. Kemenhub ingin memastikan bahwa ke-12 maskapai itu tak mengabaikan aspek keselamatan.
Berdasarkan data Kemenhub, ada 12 maskapai yang belum memenuhi syarat ekuitas menurut Peraturan Menteri No 18 Tahun 2015 dan No 45 Tahun 2015. Maskapai tersebut adalah Indonesia AirAsia, Cardig Air, Trans Wisata Prima Aviation, Eastindo Services, Survei Udara Penas, Air Pasifik Utama, Jhonlin Air Transport, Asialink Cargo Airline, Ersa Eastern Aviation, Tri MG Intra Airline, Nusantara Buana Air, dan Manunggal Air.

Editor: Marvin S
SumberKOMPAS

Related posts

Lebih Dekat dengan Tuhan, Pria asal #Banyuwangi

FX Michael Ivan BayuK

Mulai November Tarif KRL Naik

Marvin S

Buru-buru Naik KRL, Penumpang Kesal Pukul Petugas Commuter Perempuan

FX Michael Ivan BayuK

Untuk Keempat Kalinya, Ahok Lakukan Perombakan Pejabat

Marvin S

Kasum TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Praspa TNI dan Polri

Ibnu Hasan

KASAL TERIMA KUNJUNGAN CHIEF OF NAVY OPERATIONS U.S NAVY

B. Hersunu. AW

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Translate ยป
Loading...

Login

Do not have an account ? Register here
X

Register

%d bloggers like this: